Pertumbuhan Anak Balita

Segala hal yang berhubungan dengan balita menjadi perhatian utama para ibu, terutama ibu baru. Dalam postingan kali ini akan ada beberapa info tentang bagaimana pertumbuhan anak balita, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pertumbuhannya. Mendampingi pertumbuhan anak balita adalah saat yang paling berharga sekaligus menyenangkan bagi semua orang tua. Oleh karena itu para orang tua perlu memperhatikan faktor apa saja yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan balita.

Peran Stimulasi Dan Pola Asuh Orang Tua – Pada masa pertumbuhannya, balita sangat butuh adanya stimulasi dari orang tua sebagai orang yang selalu dekat dan mengawasinya. memberikan stimulasi terbaik seperti stimulasi untuk motoriknya, untuk perkembangan otaknya, dan juga untuk bahasanya kelak.

Hal ini juga berkaitan dengan pola asuh anak pada orang tua, yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan balita. Pola asuh dan stimulasi yang baik akan menjadikan balita tumbuh dengan baik pula. Usia balita seperti ini adalah usia dimana anak lebih cepat menyerap informasi di lingkungannya,jadi baik buruknya tergantung peran orang tua dalam memberikan pola asuh dan stimulasi yang baik.

Pemberian Gizi Yang Baik – Untuk mendukung semua aktivitas dalam masa pertumbuhannya, maka gizi adalah faktor yang sangat dibutuhkan. Pada masa ini semua asupan gizi pada makanan harus dikonsumsi oleh anak dari mulai karbohidrat, protein, vitamin, serat. Sebaik banyak asupan gizi yang diterima anak maka semakin optimal masa pertumbuhannya.

Perkenalkan sejak dini semua bahan makanan bergizi mulai dari semua jenis sayuran, buah-buahan, ikan dan sesuaikan dengan usia anak saat pemberiannya. Misal untuk anak usia diatas 6 bulan yang mulai belajar mengenal MPA (Makanan Pendamping Asi), perkenalkan makanan seperti sayur, buah yang di campur dalam bubur atau makanan pendamping lainnya.

Pengawasan Dan Perhatian Sepenuhnya – Masa balita terutama usia 1-5 tahun adalah masa aktif, sehingga butuh pengawasan dan perhatian ekstra. Terutama dari orang tua, dan tidak mengandalkan pengawasan dari baby sitter atau pramuwisma. Pada masa pertumbuhan anak balita , mereka mulai ingin banyak tahu tentang lingkungan sekitarnya, dan bahkan mereka tidak tahu akan bahaya yang mengancam. Jadi orang tua tetap harus memberikan perhatian dan pengawasan ekstra terhadap anak balitanya.

Peran penting orang tua sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak balita, tidak hanya peran dalam memberikan kebahagiaan finansial tapi juga dalam hal kasih sayang, pola asuh yang baik, pengawasan serta perhatian.

Previous Post

Comments (2)

  1. I will right away seize your rss as I can’t find your email subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any? Please let me realize so that I may subscribe. Thanks.

  2. I believe that is one of the so much significant information for me. And i am happy studying your article. However wanna statement on some general issues, The website style is wonderful, the articles is in point of fact excellent : D. Good activity, cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *